Jumat, 30 Januari 2015

Legenda Cinta Situ Patenggang Bandung


Objek Wisata Alam Situ Patenggang Bandung yang berlokasi di Jalan Patenggang, kecamatan Ciwidey, Bandung ini merupakan Kawasan yang memiliki pesona wisata alam yang sangat menakjubkan.

Situ Patenggang yang berjarak sekitar 47 km dari Kota Bandung selatan ini lokasinya berdekatan dengan Kawah Putih Cowidey yang juga termasuk dalam daftar Objek Wisata terbaik di Bandung.
Untuk bisa mengelilingi Danau Situ Patenggang Anda bisa menyewa perahu dengan biaya sewa berkisar antara Rp 150 Ribu sampai Rp 200 Ribu rupiah untuk kapasitas  Tujuh hingga 10 Orang sambil mengelilingi Danau Anda bisa menikmati kesejukan udara dan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi area wisata Danau Cantik ini.

Situ Patenggang merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Bandung  yang pailing cocok sebagai tempak Piknik bersama keluarga tercinta, harga Tiket masuk Situ Patenggang sebesar Rp 15 ribu per Orang, Harga tersebut belum termasuk tarif parkir kendaraan, untuk sewa Parkirk Kendaraan Minibus dikenakan biaya sebesar Rp 11 Ribu sedangkan untuk Bus Rombongan Rp 25 Ribu rupiah.

Ada hal menarik di balik keindahan Situ Patenggang Bandung , menurut cerita Masyarakat setempat yang mengetahui asal usul dan Legenda Situ Patenggang mengisahkan bahwa pada jaman dahulu hiduplah sepasang kekasih yang bernama Raden Indra Jaya alias Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Ki Santang merupakan keponakan dari Raja Padjadjaran yakni Prabu Siliwangi sedangkan Dewi Rengganis merupakan Putri dari Kerajaan Majapahit, kedua insan ini jatuh cinta satu sama lain.
Namun karena adanya peperangan antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padjadjaran membuat kedua pasangan kekasih ini dipaksa untuk berpisah. 

Karena keduanya saling cinta dan menyimpan rasa kasih sayang yang begitu dalam, Pasangan kekasih ini memutuskan untuk bertemu di sebuah tempat di tengah Situ Patenggang Bandung, di atas Batu Cinta ini keduanya bersumpah untuk tetap setia dan sehidup semati, hingga kini Batu tersebut dikenal sebagai Batu Cinta yang berada tepat di tengah-tengah Danau Patenggang di pulau asmara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar