Rabu, 25 Maret 2015

Legenda Dayang Sumbi Di Taman Batu Bandung


Taman Batu Bandung atau di sebut Stone Garden merupakan salah satu situs purbakala di Bandung yang terletak di kawasan Padalarang, Jawa barat. 

Kawasan Danau Purba Bandung ini merupakan saksi bisu yang menjadi peninggalan sejarah di jaman purba, konon menurut catatan sejarah Taman Batu menyimpan kisah legenda Dayang Sumbi yang hingga kini masih tetap hidup dan melekat di sanubari masyarakat Sunda.

Pada jaman Neolitikum yakni sekitar 8000 tahun yang lalu kawasan Danau Purba Bandung menjadi salah satu bukti kisah cinta antara Dayang Sumbi dan Sangkuriang, konon menurut sejarah di kawasan ini terdapat sebuah Goa yang bernama Goa Pawon yang terletak di bawah Taman Batu.

Goa Pawon sendiri di yakini sebagai atap dan dari Dapur Dayang Sumbi.


Untuk mencapai wisata sejarah di Bandung ini Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari pintu tol Padalarang Bandung, perjalanan dilanjutkan menuju kawasan Situ Ciburuy tepatnya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Bandung.

Ada dua cara untuk menikmati perjalanan ke Taman Batu Bandung, Anda bisa berjalan kaki menuju Gua Pawon sambil menikmati kesegaran udara segar serta pemandangan alam nan fantastis, Area perbukitan nan hijau di sekitar Padalarang semakin menambah decak kagum akan ciptaan Tuhan YME. 

Bagi Traveler yang enggan berjalan kaki karena kelelahan atau kondisi badan yang kurang fit  dapat mencapai Goa Pawon dengan menaiki motor, dan melintasi jalan setapak di samping Masjid Al-Ikhlas di Desa Gunung Masigit.

Harga tiket masuk ke Taman Batu Bandung sangat terjangkau yakni sekitar Rp 5.000 per Orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Holidays with the Walker Brothers Alluring Indulgence series Book 4 Free

Trying to find Holidays with the Walker Brothers Alluring Indulgence series Book 4 ? Author : Nicole Edwards P...