Rabu, 18 Februari 2015

Nama Dan Alamat Museum Di Bandung Serta Wisata Bersejarah Di Bandung


Saat berwisata ke Bandung sebagian besar wisatawan biasanya selalu menghabiskan waktu liburan mereka dengan mengunjungi beberapa wisata belanja dan wisata alam di Bandung.

Namun perlu Anda ketahui jika di Kota kembang ini terdapat pula beberapa tempat wisata bersejarah seperti Museum di Bandung seperti yang tertera di bawah ini :

Museum Geologi 

Museum Geologi Bandung yang terletak di Jalan Dipenogoro No. 57, di dirikan pada tanggal 16 Mei 1928 silam,  sebelum di sah kan menjadi Museum Geologi, gedung bersejarah di Bandung ini awalnya berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi serta pertambangan dari seluruh wilayah di Indonesia., hingga akhirnya berubah fungsi menjadi pusat informasi ilmu pertanian serta ilmu – ilmu materi geologi seperti bebatuan, fosil dan kandungan mineral dalam bumi.

Museum Konferensi Asia Afrika 

Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65 Bandung ini merupakan Museum bersejarah di Bandung dan memiliki hubungan erat dengan sejarah Konferensi Asia Afrika di Bandung serta keberadaan Gedung Merdeka Bandung.


Museum Wangsit Mandala Siliwangi 

Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang teletak di  Jalan Lembong No. 38 Bandung, merupakan Museum Senjata yang menyimpan berbagai koleksi senjata perang yang digunakan oleh tentara Indonesia saat melawan tentara jepang.

Beberapa alat peperangan yang digunakan antara lain : Senjata laras panjang dan pistol, Bedug Simarame, dan sebuah Bedok yang digunakan oleh Ki Hajar Dewantara , serta sejarah terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api tanggal 24 Maret 1946 di Bandung.


Museum Sri Baduga

Berikutnya ada Museum Sri Baduga yang terletak di Jalan BKR No. 185 Bandung,beberapa koleksi Museum Sri Baduga antara lain koleksi Arkeologi, koleksi teknologi, koleksi geologi, etnografi, filologi, Biologi serta koleksi seni rupa, selain itu terdapat beberapa benda bersejarah lainnya terutama sejarah Sunda.

Museum Sri Baduga didirikan pada tahun 1974, sebelumnya bangunan ini berfungsi sebagai  Kawedanan Tegallega,hingga pada tanggal 5 Juni 1980 diresmikan oleh Daoed Joesoef sebagai Mentri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu.

Museum Pos Indonesia

Dan yang terakhir ada Museum Pos Indonesia yang terletak di  Jalan Cilaki No. 73 Bandung.
Museum ini berisi tentang sejarah berdirinya PT Pos Indonesia serta menyimpan berbagai koleksi buku – buku hingga peralatan Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia memiliki sekitar 50 ribu lembar koleksi perangko dari 178 Negara di Dunia, koleksi perangko di Museum Pos Indonesia mulai dari tahun 1933 hingga kini.

Semoga informasi tentang Museum di Bandung ini dapat menjadi alternative bagi Anda yang tertarik untuk menyambangi wisata bersejarah di Bandung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Holidays with the Walker Brothers Alluring Indulgence series Book 4 Free

Trying to find Holidays with the Walker Brothers Alluring Indulgence series Book 4 ? Author : Nicole Edwards P...